All for Joomla All for Webmasters
Home / Kesehatan Tubuh / 7 Penyebab Mimisan, Cari Tahu Juga Cara Mengatasinya

7 Penyebab Mimisan, Cari Tahu Juga Cara Mengatasinya

Penyebab Mimisan – Mimisan adalah pendarahan yang mengalir di lubang hidung karena ada mukosa yang terlepas. Meski biasanya lebih sering dialami anak-anak, tapi mimisan juga bisa terjadi pada orang dewasa. Bahkan orangtua juga dapat mengalami hal yang sama.

Mimisan merupakan jenis penyakit yang sifatnya tidak terlalu membahayakan. Namun tidak ada salahnya mengetahui beberapa penyebab mimisan agar serangan ini dapat dihindari atau paling tidak diminimalkan resikonya. Karena jika keluarnya darah dari hidung tersebut sering terjadi, tetap akan menimbulkan efek yang kurang baik bagi kesehatan.

 

Penyebab Mimisan Pada Lubang Hidung

  • Alergi

Salah satu penyebab utama dari mimisan adalah alergi, yaitu reaksi atas sesuatu yang dapat membuat pembuluh darah kapiler terbuka. Terbukanya pembuluh darah kapiler tersebut akhirnya akan memecah, kemudian keluarlah darah segar dari lubang hidung.

Jangan lupa ya update terus Spesifikasi Samsung Galaxy A7 biar ga kudet kamunya.

  • Trauma

Sumber atau pemicu terjadinya mimisan yang kedua yaitu tramua, khususnya trauma ringan seperti benturan, mengorek lubang hidung, bersin dan ingus yang keluar terlalu keras. Selain itu trauma juga bisa disebabkan dari kecelakaan atau pukulan dan jatuh. Demikian pula dengan masuknya benda asing dalam hidung juga dapat menimbulkan dampak yang sama.

  • Faktor cuaca

Faktor cuaca, terutama cuaca yang terlalu panas merupakan penyebab dari mimisan berikutnya. Apalagi ketika cuaca panas ini dibarengi dengan tingkat kelembaban yang rendah. Kondisi ini bisa membuat hidung jadi mengering lalu menimbulkan efek lain berupa iritasi yang kemudian disusul dengan terjadinya mimisan atau pendarahan.

Mau tau kerennya hape terbaru? Cek aja Spesifikasi Oppo A37 yang punya kamera oke punya buat selfy.

  • Tekanan darah tinggi

Faktor lainnya yang juga sering menjadi pemicu mimisan berikutnya adalah serangan penyakit darah tinggi. Kejadian mimisan karena darah tinggi ini lebih sering dialami oleh wanita, terutama ibu yang sedang mengandung anaknya. Jika hal ini terjadi, lebih baik segerah menghubungi dokter agar tidak mengganggu proses kehamilan.

  • Flu

Penyakit flu, terutama dalam skala yang sudah berat bisa membuat setiap orang harus selalu mengelurkan cairan ingus atau lendir dari lubang hidungnya. Apabila keluarnya ingus dan lendir ini terlalu keras, bisa membuat orang tersebut jadi mimisan. Karena itu jangan terlalu keras ketika mau mengeluarkan cairan ingus dikala flu.

  • Tumor

Angiofibroma adalah sel tumor yang tumbuh di sekitar rongga hidung dan seringkali membuat lubang hidung jadi mimisan. Penyakit ini sering menjangkiti orang dewasa dan anak-anak. Bentuknya berupa benjolan mirip biji nangka dan berwarna merah.

  • Penyakit sinus

Dalam kondisi tertentu, serangan penyakit sinus dapat menimbulkan dampak samping berupa mimisan. Warna darah yang keluar dari hidung cenderung lebih gelap bahkan sering mengeluarkan aroma tidak sedap. Peristiwa ini merupakan suatu pertanda jika penderita sinus tersebut kena infeksi atau serangan tumor.

Demikian uraian singkat tentang faktor penyebab mimisan yang paling sering terjadi. Semoga bisa membuat kita makin waspada dan siap menghadapinya saat hidung mengeluarkan darah.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *