All for Joomla All for Webmasters
Home / Gejala Penyakit / Kenali Gejala Stroke dan Penanganannya

Kenali Gejala Stroke dan Penanganannya

Gejala Stroke – Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar tentang penyakit stroke? Pasti di antara kita semua merasa ngeri dan bergidik karena membayangkannya. Penyakit stroke dapat merenggut kemampuan berjalan, bergerak bahkan merenggut kehidupan. Stroke bisa dicegah dengan berbagai hal sederhana yang bisa dilakukan. Dengan menjalankan hidup sehat, maka organ-organ tubuh akan terjaga kesehatannya, termasuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Seseorang yang mengalami stroke, baik ringan maupun berat harus segera mendapatkan penanganan dari tenaga medis. Hal itu supaya mencegah sesuatu yang bisa terjadi lebih parah dari pada itu.

Kenali Gejala Stroke Sedini Mungkin
Kenali Gejala Stroke

Gejala Stoke Ringan Maupun Berat

Seseorang yang terserang stroke dapat dilihat dari berbagai gejala stroke yang menyertainya. Kenali semua itu lebih dini agar anda dapat mengetahui langkah selanjutnya guna penanganan stroke agar tidak merambat ke penyakit lainnya. Beberapa gejala tersebut antara lain adalah  :

Pusing merupakan gejala stroke ringan

Pusing adalah Salah Satu Gejala Stroke
Pusing adalah Salah Satu Gejala Stroke

Merasa pusing memang tidak bisa serta merta divonis sebagai penyakit stroke. Namun, pusing bisa menjadi salah satu penanda bahwa seseorang tersebut telah mengalami stroke. Pusing yang terjadi bukanlah pusing biasa. Gejala pusing tersebut bisa menyerupai vertigo, karena vertigo sendiri bukanlah suatu penyakit, melainkan suatu kondisi medis sebagai penanda adanya sebuah masalah kesehatan.

Hati-hati jika Pandangan Kabur

Pandangan Kabur Bisa Jadi Gejala Stroke
Pandangan Kabur Bisa Jadi Gejala Stroke

Seseorang yang mengalami pandangan kabur bisa jadi mengalami stroke. Pandangan kabur pada penderita stroke bisa sama dengan yang dialami oleh seseorang, ketika ia mengalami vertigo.

Mati Rasa di beberapa bagian tubuh

Mati rasa merupakan keadaan yang menandakan bahwa suatu organ tubuh tidak dapat bekerja dengan baik. Hal itu bisa karena adanya penyumbatan pembuluh darah, sehingga darah tidak bisa mengalir ke area tersebut. Mati rasa pada sisi tubuh bisa diindikasikan, bahwa seseorang mengalami stroke.

Mengalami kebingungan

Stroke biasanya menyerang syaraf otak, itulah mengapa seseorang yang mengalami stroke bisa kebingungan dengan dirinya sendiri.

Kehilangan Keseimbangan Ciri dari Stroke

Salah satu gejala stroke adalah hilang keseimbangan
Salah satu gejala stroke adalah hilang keseimbangan

Keseimbangan merupakan alat pada tubuh untuk bisa tetap mempertahankan tubuh bisa berdiri. Penderita stroke mengalami kerusakan pada sistem keseimbangan ini, sehingga ia tidak bisa mempertahankan keseimbangan tubuhnya.

Sering Mengalami Kesemutan

Kesemutan sering dianggap sebagai suatu hal yang biasa. Namun, jika hal ini berlangsung dalam jangka waktu dan intensitas yang lebih sering, maka hal ini patut dicurigai sebagai salah satu gejala stroke ringan.

Cepat lelah dan letih

Seseorang yang mengalami stroke akan merasakan lemah yang teramat sangat. Pasien yang mengalami stroke akan merasa bahwa syaraf yang harusnya bekerja optimal, tidak lagi mampu untuk menopang tubuhnya. Tidak jarang, seseorang yang mengalami stroke jatuh seketika karena lemah.

Hilang Kesadaran

Stroke yang berat dapat menyebabkan hilangnya kesadaran. Jika seseorang sudah hilang kesadarannya, maka ia harus benar-benar dimaintain dengan benar. Tidak jarang, penderita stroke akan mengalami koma selama beberapa waktu.

Kelumpuhan adalah gejala stroke berat

Gejala Stroke Berat
Gejala Stroke Berat

Inilah efek stroke yang paling menyiksa, pasien bisa mengalami kelumpuhan. Pasien yang mengalami kelumpuhan tidak akan bisa melakukan mobilitas seperti pada umumnya. Pada tahap ringan, kelumpuhan biasanya hanya terjadi pada tangan dan kaki saja. Namun, pada tahap yang lebih berat, kelumpuhan bisa terjadi di semua anggota badan.

Pikun dan menjadi lupa

Pikun memang tidak bisa dilepaskan dari stroke. Seseorang yang mengalami stroke tidak jarang mengalami kepikunan dan mulai melupakan hal-hal yang telah ia lalui selama hidupnya. Tidak jarang juga, seseorang yang mengalami stroke prilakunya kembali seperti anak kecil.

Stroke sendiri sebenarnya dapat dicegah dengan berbagai hal sederhana yang bisa anda lakukan seperti dengan menjalankan pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan rendah lemak.

Mencegah stroke harus dilakukan dengan serius, karena jika sudah terjadi, maka sulit untuk disembuhkan. Kuncinya adalah dengan menjaga pola hidup tetap baik, seimbang dan jangan melupakan olahraga. Tubuh yang sehat adalah investasi untuk mendapatkan kebahagiaan dalam hidup. Sebagai langkah awal untuk mengurangi dampak buruk dari penyakit ini adalah dengan mengenali gejala stroke itu sendiri. Semoga anda selalu diberikan kesehatan dari yang maha kuasa, amin.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *