All for Joomla All for Webmasters
Home / Obat Herbal / Ramuan Obat Batuk Tradisional Alami

Ramuan Obat Batuk Tradisional Alami

Obat Batuk Tradisional

Obat Batuk Tradisional – Hampir semua orang pasti pernah kena serangan batuk, apalagi saat musim kemara dan pancaroba. Meskipun terlihat sepele tetapi batuk sering menimbulkan rasa tidak nyaman baik pada diri sendiri maupun orang lain. Apalagi mengingat jika batuk adalah salah satu jenis penyakit yang mudah menular.

Saat ini sudah ada berbagai jenis obat batuk modern yang bisa dibeli bebas di apotik dan toko obat. Meski demikian tidak ada salahnya memilih obat batuk tradisional yang bahannya dapat ditemui dimana saja dengan harga yang sangat murah. Selain itu khasiatnya juga tidak kalah manjur dengan obat modern.

Membuat Obat Batuk Tradisional Dari Bahan Alami

Untuk dapat membuat obat batuk tradisional dengan menggunakan bahan – bahan alami sebenarnya cukup mudah. Bahan yang mudah didapatkan di pasar tradisional ataupun supermarket menjadikan obat batuk ini menjadi pilihan setiap keluarga saat terdesak. Berikut ini adalah beberapa bahan – bahan alami untuk membuat obat batuk secara tradisional.

Jeruk nipis menyembuhkan batuk berdahak

Jeruk nipis selain bisa dibuat minuman segar juga bisa digunakan sebagai penyembuh batuk alami yang sangat mujarab khasiatnya. Caranya, iris jeruk nipis lalu diperas dan diambil airnya. Air perasan tersebut kemudian dicampur dengan kecap atau madu lalu diminum secara langsung. Jika tidak suka kecap boleh diganti dengan madu.

Teknik lainnya, siapkan jeruk nipis, gula dan kapur sirih. Setelah jeruk nipis dibelah, baluri dengan kapur sirih dan dibakar hingga mengeluarkan buih lalu diperas. Perasan ini kemudian ditambah dengan gula lalu diminum setiap hari.

Jahe dan kencur sebagai obat batuk tradisional

Ramuan selanjutnya untuk menyembuhkan batuk secara alami adalah menggunakan jahe dan kencur. Siapkan kedua bahan tersebut secukupnya lalu diparut dan dijadikan satu sampai merata.

Ramuan ini kemudian direbus bersama air sebanyak 1 gelas sampai mendidih. Setelah matang disaring dan dicampur dengan madu. Berikutnya, penyembuh batuk alami ini harus diminum saat masih hangat sebanyak 2 kali setiap hari pagi dan sore.

Obat batuk tradisional dari daun sirih

Sejak zaman dulu daun sirih dikenal sebagai tanaman yang mempunyai khasiat tinggi untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit dan salah satunya adalah batuk, terutama batuk berdahak.

Cara membuat ramuan obat batuk tradisional ini sangat mudah, tinggal menyiapkan beberapa lembar daun sirih kemudian dikasih irisan jahe secukupnya dan direbus. Setelah itu air rebusan ini disaring dan diminum setiap hari dicampur dengan madu atau gula.

Belimbing wuluh pilihan yang tepat

Meski memiliki rasa yang sangat masam namun belimbing wuluh juga sangat ampuh untuk mengatasi serangan batuk. Ambil 10 butir belimbing wuluh kemudian diparut atau ditumbuk sampai halus. Setelah itu disaring untuk diambil airnya. Air belimbing wuluh ini lalu dikasih campuran garam ½ sendok dan diminum setiap hari.

Asam Jawa mengobati batuk kering

Asam Jawa, jika dicampur dengan gula merah akan menjadi ramuan obat yang sangat bagus untuk menyembuhkan batuk. Cara membuatnya, sediakan asam Jawa serta gula merah kemudian dicampur dan diamkan dalam segelas air panas. Setelah diaduk dan menyatu, dapat diminum saat masih hangat.

Itulah beberapa jenis ramuan alami yang memiliki manfaat besar untuk dijadikan obat batuk tradisional tanpa efek samping karena tidak menggunakan bahan kimia. Agar batuk tidak bisa menyerang lagi, sebaiknya hindari rokok dan minuman beralkohol.

About admin

Check Also

Cara Mengatasi Anemia

Cara Mengatasi Anemia Atau Kurang Darah Dengan Cepat

Cara Mengatasi Anemia – Penyakit anemia adalah gangguan pada sistem peradaran darah di tubuh yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *