Tahu Kiat untuk Mengurangi Stress Berkepanjangan? Mengapa Engga!

Topik kita kali ini yaitu Tahu Kiat untuk Mengurangi Stress Berkepanjangan? Mengapa Engga!. Pernahkah suatu waktu dikala lagi beraktivitas tiba-tiba Anda merasa lelah, depresi, marah dan takut berlebihan. Dan juga mudah lupa, hilang konsentrasi serta pikiran sumpek atau suka melamun? Apabila iya, barangkali Anda sedang mengalami tanda-tanda stres (stress).

Tahu Kiat untuk Mengurangi Stress Berkepanjangan? Mengapa Engga!

Tahu Kiat untuk Mengurangi Stress Berkepanjangan? Mengapa Engga!

Stres yaitu suasana yang memberitahukan satu perubahan fisik yang dipicu oleh pelbagai faktor. Seperti faktor psikologis maupun fisik dan dapat juga dipicu oleh kedua faktor tersebut. Tapi tidak perlu resah, gejala stress tersebut dapat Anda atasi sendiri tanpa perlu bantuan dokter.

Kesibukan sehari-hari dan tekanannya, bisa mendatangkan stress dan mengancam kesehatan. Oleh Karena itu, Anda patut menghargai diri sendiri.

Berikut Beberapa metode alami, cepat dan simpel penghilang ketegangan dan stress, yaitu :

Tahu Kiat untuk Mengurangi Stress Berkepanjangan? Mengapa Engga!

1. Minum Teh

Minum teh terbukti mampu memengaruhi tingkat hormon stress didalam tubuh. Teh mengandung catechins, polyphenols, flavonoids dan asam amino yang bisa memengaruhi neurotransmitter otak dan menekan level cortisol (hormon stress) dalam darah.

2. Mengonsumsi Kacang-kacangan dan Vitamin C

Konsumsilah kacang-kacangan sebab kaya atas tryptophan dan magnesium yakni 2 nutrisi kunci yang menolong produksi serotonin. Bahkan, kacang almond kaya akan nutrisi penghilang stres. Seperti berbagai vitamin B, zinc, vitamin E dan antioksidan.

Vitamin C bisa mengurangi level hormon stres dalam darah. Sehingga pada akhirnya meredakan respon tubuh terhadap stres. Dengan konsumsi 1.000mg vitamin C maka dapat benar-benar menunjang tubuh di dalam mengurangi stres.

Tahu Kiat untuk Mengurangi Stress Berkepanjangan? Mengapa Engga!

3. Memijat dan Mengusap Telinga

Memijat yakni dengan menekan titik-titik tubuh dengan tangan atau jari sendiri. Sebagai contoh :

a. Kepala

Letakkan jari tangan kiri pada dasar tengkorang kepala. Lalu turunkan selebar satu jari. Lantas pindah ke kiri selebar 1 jari juga. Tempatkan jari tangan kanan pada posisi yang serupa pada bagian kanan. Terus tekan ke dua titik tersebut selama 1 – 3 menit.

b. Lutut

Titik penghilang stress yang kedua yaitu selebar 4 jari dibawah tempurung lutut. Selanjutnya melebar 1 jari ke arah luar tulang kering Anda.

c. Telinga

Usaplah lingkaran daun telinga Anda buat kurangi ketegangan. Tangan kanan buat mengusap telinga kanan dan tangan kiri mengusap telinga kiri.

Tahu Kiat untuk Mengurangi Stress Berkepanjangan? Mengapa Engga!

4. Menghirup Aromaterapi

Aromaterapi mempunyai efek penenang yang saat itu juga mampu meredakan ketegangan. Aroma yang dapat menurunkan stres ialah lavender, lemon balm, chemomile dan geranium. Cara menyajikannya ialah dengan tempatkan kapas yang ditetesi minyak aromaterapi dan dapat Anda letakkan dekat kipas angin, bilik AC, pemanas dan di bawah jok mobil. Aromanya bakal tercampur di udara ruangan sebagai terapi Anda.

5. Meditasi

Pada saat stress, otot Anda menegang dan menekuk dada ke dalam. Maka sepatutnya jalankan meditasi dengan gerakan meliputi ke-2 tangan (seperti posisi berdoa) di belakang punggung. Selanjutnya tarik bahu / pundak ke belakang, miringkan kepala ke belakang dan bernafaslah dalam-dalam.

6. Menjalankan Gerakan Seimbang dan Latihan Instan

Gerakannya adalah duduk di kursi dengan posisi kaki kiri menginjak di lantai. Letakkan pergelangan kaki kanan di atas lutut kaki kiri. Lalu miringkan badan ke depan untuk merentang. Tahan selama mungkin, lantas membungkuk sedikit lagi ke depan. Ulangi dengan beralih posisi kaki. Gerakan ini berfungsi buat membuka pinggul dan keseimbangan yang meregangkan otot.

Tahu Kiat untuk Mengurangi Stress Berkepanjangan? Mengapa Engga!

Di samping itu, untuk menyingkirkan ketegangan Anda, lakukan gerakan secara instan. Contohnya push-up, sit-up, jumping-jack. Atau gerakan latihan instan lainnya yang mampu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Hormon endorfin yang bermanfaat sebagai pereda stres dapat segera keluar menopang Anda menjadi lebih segar lagi.

7. Positif Thinking dan Tertawa Keras

Sebuah pemikiran positif mampu menetralkan perubahan psikologis (efek stress) yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu tertawa dengan keras mampu meningkatkan hormon pereda stres dan hormon pemicu relaksasi sebuah efek yang bisa bertahan selama 24 jam. Bacalah komik / cerita lucu atau bercandalah singkat bersama dengan kawan kerja hingga Anda tertawa dan jadi lebih rileks buat bekerja kembali.

Tahu Kiat untuk Mengurangi Stress Berkepanjangan? Mengapa Engga!

8. Makan Buah Berry dan Karbohidrat Kompleks

Blueberry, black-berry dan varian berry lainnya amat mujarab buat menyingkirkan stress. Sebab mempunyai kandungan bermacam ragam antioksidan alami terkuat dan penuh vitamin C. Stress memicu tubuh melepas radikal bebas dan antioksidan bisa membantu menetralkan molekuk berbahaya tersebut. Radikal bebas adalah molekul oksigen gak stabil perusak sel normal.

Karbohidrat komplek sanggup mengangkat level serotonin sehingga melindungi perasaan tenang dan rileks lebih lama. Karbohidrat kompleks meliputi makanan dan sereal berbutir utuh (whole-grain), seperti :

  • roti gandum utuh,
  • oat,
  • beras merah, dan
  • jenis polong-polongan seperti kacang hijau, kedelai dan lentil (miju-miju)

Dengan memakan karbohidrat kompleks, kagak hanya tubuh terpenuhi gizi pikiran, jiwa pun jadi tenang. Jadi, stress tak bakal hinggap di diri Anda.

Tahu Kiat untuk Mengurangi Stress Berkepanjangan? Mengapa Engga!

9. Mengonsumsi Makanan yang bisa Membuat Mood

Beberapa makanan mengandung senyawa yang menunjang tubuh menghasilkan neurochemicals sehingga memengaruhi keadaan hati (mood). Beberapa makanan yang memberi dampak menenangkan antara lain :

  • daging kalkun (kaya tryptophan, taurine dan vitamin B6)
  • biji labu, bayam dan kedelai hitam (ketiganya kaya magnesium)
  • pepaya (kaya vitamin C) dan
  • pisang (kaya potassium)
10. Merasakan Momen

Fokuslah dengan apa yang tersedia di hadapan Anda. Manfaatkan indera untuk merasakan kondisi atau lingkungan. Seperti dengan mencium aroma makanan yang akan Anda makan baru sesudah itu nikmati rasanya. Atau berjalan dengan bertelanjang kaki dan rasakan tanah menyentuh kaki Anda. Maka ketegangan dan stress yang menyerang Anda akan hilang.

Demikian informasi terkait dengan Tahu Kiat untuk Mengurangi Stress Berkepanjangan? Mengapa Engga!, semoga post kali ini membantu kalian. Kami berharap artikel ini dishare biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *